WNI Positif Corona dari Malaysia Diminta Menkes Tes Genome

  • Whatsapp
WNI Positif Corona dari Malaysia Diminta Menkes Tes Genome
banner 300x250

Havana88 – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan mulai melakukan tes untuk mencari strain baru virus Corona melalui Whole Genome Sequence (WGS) untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru tiba dari Malaysia, khususnya di pulau Pulau Sumatera.

Saat ini, Sumatera merupakan penyumbang temuan mutasi virus SARS-CoV-2 terbesar di Indonesia. Ada lima kasus varian B1617 dan tiga varian B117 teridentifikasi di Sumatera.

Read More

“Orang yang masuk dari Malaysia yang positif langsung dilakukan pengurutan genom,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (19/5).

Budi mengatakan telah menginstruksikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan untuk memantau secara penuh Tenaga Kerja Indonesia (PMI) yang tiba di Indonesia.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu meminta kepada masyarakat untuk melakukan upaya preventif.

Menurutnya, masyarakat harus mematuhi serangkaian aturan kesehatan yang meliputi pemakaian masker, cuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

“Saya sudah instruksikan kepada Litbangkes bahwa segala sesuatu yang positif itu agar kita terus pantau,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Satgas Covid-19 (Satgas) Doni Monardo meminta pemerintah daerah tidak segan menerapkan Surat Edaran Ketua Satgas Nomor 13 Tahun 2021 tentang Larangan Mudik Lebaran dan Pengawasan Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

“Ini harus dilakukan dan kami masih harus bekerja lebih keras untuk mencegah dan mengatasi penularan Covid-19 di negara kami,” ujarnya.

Hingga saat ini kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.753.101 orang. Dari jumlah tersebut, 1.616.603 orang dinyatakan sembuh dan 48.669 lainnya meninggal dunia.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250