Usai Halal Bihalal, Warga 2 RT di Sleman Positif Corona

  • Whatsapp
Usai Halal Bihalal, Warga 2 RT di Sleman Positif Corona
banner 300x250

Havana88 – Beberapa warga dua RT di Dusun Ngemplong, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpapar virus Covid-19.

Sebagian besar kasus tersebut diduga dipicu oleh kegiatan halal bihalal atau saling berkunjung saat Idul Fitri. Kepala UPT Puskesmas Ngemplak I, Seruni, mengatakan penyebaran virus Corona di wilayah tersebut bermula saat dua warga Ngemplong dari RT 01 dan 02 RW 15 dinyatakan positif Covid-19 pada 19 Mei lalu.

Read More

“Kedua kasus ini tidak bepergian ke luar kota, hanya melakukan kegiatan sosial di masyarakat. Serta saling berkunjung saat hari raya,” kata Seruni dalam keterangannya, Rabu (26/5).

Petugas kesehatan Puskesmas Ngemplak I kemudian melakukan penelusuran semua kontak dekat kedua pasien tersebut.

Kemudian semuanya diminta menjalani uji polymerase chain reaction (PCR) pada 21 Mei.

Hasil penelusuran dan uji antigen pemilik riwayat kontak dekat yang dipublikasikan pada 24 Mei menemukan tambahan 8 kasus.

Di saat yang sama, Puskesmas Ngemplak I menemukan adanya laporan warga Ngemplong yang lain terkonfirmasi Covid-19.

Pasien ini memiliki riwayat perjalanan mudik ke Boyolali, Jawa Tengah. Kemudian pasien lainnya yaitu wanita hamil dengan status gejala ringan. Saat ini ia telah dipindahkan ke Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM.

Tidak jelas apakah kedua pasien ini dikaitkan dengan dua kasus asli. Disebutkan saja, total kasus aktif di Dusun Ngemplong sebanyak 12 kasus.

Seruni menuturkan bahwa penelusuran lanjutan bersama Satgas Kelurahan dan Dusun menemukan adanya potensi penularan masyarakat khususnya di RT 01 dan RT 02, berupa kegiatan ibadah hari raya, riwayat saling kunjung pada hari libur, baik kunjungan positif maupun kunjungan positif. kunjungan positif warga lainnya.

Atas arahan satgas tingkat kecamatan, kegiatan keluar-masuk di Dusun Ngemplong kini sedang dilaksanakan.

Selanjutnya, pemeriksaan massal akan dilakukan menyasar ratusan warga RT 01 dan 02 pada Kamis (27/5) esok.

“187 orang menjalani skrining antibodi cepat dan 48 usapan PCR, yang dapat meningkat jika hasil antibodi cepat reaktif,” katanya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250