TNI AL Nyatakan KRI Nanggala-402 Layak Untuk Berlayar dan Bantah Rumor Tak Aktif 3 Tahun

  • Whatsapp
Kapal selam KRI Nanggala-402 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1).
banner 300x250

Havana88 – Tentara Nasional Indonesia (TNI) di TNI AL memastikan bahwa KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali Utara tidak pernah mangkir dari latihan selama tiga tahun terakhir.

Pernyataan ini sekaligus menjawab tudingan salah satu surat kabar Korea Selatan, Hankook Ilbo, bahwa kapal selam yang telah mendampingi TNI AL lebih dari 40 tahun ini tidak pernah berlatih selama tiga tahun terakhir.

Read More

Melalui keterangan tertulis, Dinas Penerangan (Dispenal) Angkatan Laut menyebut tuduhan itu tidak berdasar dan ditujukan kepada KRI Nanggala-402.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa selama 3 tahun terakhir, Dispenal menyebut KRI Nanggala-402 memang menjadi salah satu kapal selam teraktif dibanding empat kapal selam lainnya.

“Soal isi beritanya, tidak sesuai dengan fakta bahwa dalam tiga tahun terakhir KRI Nanggala-402 menjadi kapal perang yang aktif melakukan pelatihan dan operasi,” jelas Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal). dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/4).

Dalam keterangannya tersebut, Komandan Kapal Selam 19 KRI Nanggala-402 Letkol (P) Yulius Azz Zaenal yang menjabat hingga tahun 2019 mengatakan, kapal yang dikomandani itu merupakan latihan rutin dan digunakan untuk patroli.

Bahkan, kata dia, Nanggala-402 juga turut serta dalam acara pelantikan satuan TNI di Natuna.

Bahkan KRI Nanggala berlayar ke Natuna saat pelantikan Satuan Terpadu TNI di Natuna, katanya.

Dalam rilisnya juga disebutkan bahwa sejak 2018 KRI Nanggala telah melakukan sejumlah latihan dan operasi. Latihan dan operasi ini meliputi Operasi Komodo Jaya 18, Pelatihan Dukungan Passusla, Pelatihan Armada Jaya 19, dan Pelatihan Armada 20.

Tak hanya itu, Nanggala juga mengikuti pelatihan untuk mendukung Special Marine Warfare, Dukungan Latopslagab 20 dan Operasi Komodo Jaya serta latihan internal rutin yang digelar seminggu dua kali.

Oleh karena itu, tudingan KRI Nanggala sebagai kapal yang tidak aktif digunakan dibenarkan Dispenal sebagai tidak benar, kata rilis tersebut.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250