Singapura Telah Menyiapkan Skenario Terburuk Covid-19 Jadi Endemik

  • Whatsapp
Singapura Telah Menyiapkan Skenario Terburuk Covid-19 Jadi Endemik
banner 300x250

Havana88 – Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong, menyatakan pemerintah negara tetangga telah menyiapkan skenario virus corona (Covid-19) menjadi endemik. Endemik artinya Covid-19 tidak akan hilang, akan terus ada hingga beberapa tahun ke depan, dan dapat terjadi dari waktu ke waktu.

“Kapan itu akan terjadi? Saya benar-benar tidak tahu,” kata Wong seperti dikutip The Straits Times, Sabtu (29/5).

Read More

“Tapi kami merencanakan skenario yang masuk akal, di mana para ilmuwan di seluruh dunia sampai pada titik bahwa menghilangkan Covid-19 tidak mungkin, dan kami harus hidup dengan virus ini,” tambahnya.

Wong juga menuturkan, pemerintah Singapura tidak berencana memperketat sebagian kebijakan lockdown yang sedang diterapkan.

Menurut dia, kebijakan lockdown parsial berjalan dengan baik, dan mulai berpengaruh pada jumlah kasus penularan Covid-19 di Singapura.

Di satu sisi, ia yang merupakan Ketua Satgas Covid-19 Singapura, meminta masyarakat tetap waspada dengan mengurangi aktivitas yang tidak perlu di luar rumah.

“Kebijakan penguncian parsial bekerja dengan baik, terlihat dari stabilisasi tingkat infeksi komunal.” dia berkata.

Sebelumnya, ahli epidemiologi dari Australian Griffith University Dicky Budiman pernah menyatakan bahwa Covid-19 sangat mungkin menjadi endemik di Indonesia.

Masalahnya ialah, inti dari indikator suatu penyakit akan menjadi endemik adalah angka reproduksinya. Ketika suatu wilayah atau negara sulit mencapai angka di bawah satu ini, kemungkinan besar penyakit termasuk Covid-19 akan menjadi endemik.

“Dia tidak pernah atau merasa kesulitan untuk mencapai di bawah satu meski bisa terjadi di beberapa daerah di bawah satu, bahkan seperti di Australia,” ujarnya.

Ia menambahkan, kecenderungan Covid-19 menjadi endemis di wilayah tersebut semakin besar ketika sistem kesehatan masih buruk dan strategi penanganan Covid-19 belum optimal, seperti halnya penelusuran dan pengujian.

Namun di negara dengan sistem kesehatan yang buruk, strategi testing tracing masih buruk termasuk Indonesia yang cenderung sangat endemik, lanjut Dicky.

Ia juga menambahkan bahwa dikarenakan angka reproduksinya di kisaran 1, apalagi di beberapa daerah bisa lebih dari satu, hal ini sangat berpengaruh pada penyakit yang menjadi endemik.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250