Sejumlah Karyawan Pan Brothers Gelar Unjuk Rasa Perihal THR yang Dicicil

  • Whatsapp
Sejumlah Karyawan Pan Brothers Gelar Unjuk Rasa Perihal THR yang Dicicil
banner 300x250

Havana88 – Sejumlah karyawan PT Pan Brothers Tbk menggelar aksi unjuk rasa di depan pabrik perusahaan di Boyolali, Jawa Tengah. Hal itu terungkap dalam unggahan video viral di Youtube berdurasi 0,3 detik. Mereka menggelar demonstrasi dengan menggunakan seragam kantor Pan Brothers.

Terkadang karyawan berteriak, tetapi tidak jelas apa yang dikatakan karyawan tersebut. Video ini diunggah oleh akun MKA channel pada 5 Mei 2021. Demo tersebut dilakukan karena perihal pembayaran gaji dan THR.

Read More

“Berkat THR dan cicilan yang dibayarkan itu bikin banyak ribut di PT Pan Brothers,” tulis akun MKA Chanel, dikutip Kamis (6/5).

Vice Chief Executive Officer Pan Brothers Anne Patricia Sutanto mengakui sejumlah karyawan menggelar aksi unjuk rasa pada Rabu (5/5). Namun, ini bukan soal gaji, melainkan pembayaran THR dengan cara mencicil.

“Bukan gaji, tapi THR. Tapi kemarin sudah selesai setelah dijelaskan (kepada karyawan),” ucap Anne.

Anne menjelaskan bahwa manajemen mengumumkan secara lisan kepada karyawan bahwa arus kas perusahaan sedang ketat. Pasalnya, terjadi pemotongan modal kerja dari sektor perbankan sehingga menyisakan 10 persen dari kondisi sebelumnya.

Alhasil, perseroan memutuskan untuk membayar THR tersebut secara bertahap. Hal ini agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK), sehingga perusahaan harus membagi aliran dana pembayaran dengan pemasok dan pihak lain.

“Kemarin mereka salah paham. Jadi kami harus berbagi dengan pemasok pembayaran uang tunai kami untuk menghindari pengurangan karyawan. Kami harus berbagi dalam kepentingan bersama,” tutur Anne.

Para karyawan ada yang salah paham karena perusahaan masih beroperasi penuh, tapi pembayarannya diangsur.

Manajemen juga berusaha menjelaskan kondisi keuangan secara transparan.

Anne berpendapat bahwa karyawan tidak paham soal perbankan, maka ia terpaksa buka bank yang menurunkan 90 persen link Pan Brothers LC. Dan Anne menuturkan bahwa ia harus terbuka soal perbankan agar pekerja bisa mengerti.

Ia menyatakan pembayaran THR bertahap berlaku untuk seluruh karyawan Pan Brothers, mulai dari manajemen puncak hingga karyawan pabrik.

Pembayaran THR maksimum akan dibayarkan secara bertahap sebanyak lima kali. Namun, jika likuiditas perseroan kembali sehat dan bank mengaktifkan kembali sebagian fasilitas pinjaman Pan Brothers, otomatis pembayaran THR akan dipercepat. Pembayaran THR ditargetkan selesai pada September 2021.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250