Satgas Ungkapkan Masalah RS Penuh di Kudus Ditangani Pemprov

  • Whatsapp
Satgas Ungkapkan Masalah RS Penuh di Kudus Ditangani Pemprov
banner 300x250

Havana88 – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, hampir seluruh kapasitas rumah sakit (RS) di Kabupaten Kudus akan ditangani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kapasitas penuh ini karena semakin banyaknya penderita Covid-19. Sejauh ini Satgas belum melakukan tindakan apa pun selain membantu koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Kudus dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Read More

Nadia mengatakan bahwa pihaknya sudah membantu koordinasi, tapi ini masih akan ditangani di tingkat provinsi, Sabtu (29/5).

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyatakan hampir seluruh rumah sakit di Kudus mampu menangani pasien Covid-19 dengan kapasitas penuh.

Akibatnya rumah sakit di Kudus tidak bisa menerima rujukan pelayanan bagi pasien dari daerah lain.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan tingkat hunian tempat tidur isolasi (BOR) dan unit perawatan intensif (ICU) Covid-19 di seluruh rumah sakit di Kudus sangat tinggi.

Hal ini membuatnya mengeluarkan surat edaran ke rumah sakit umum dan swasta untuk sementara waktu yang tidak merujuk pasien.

Yulianto juga meminta seluruh rumah sakit di kabupaten Jepara, Demak dan Pati siap menerima pasien dari Kudus jika diperlukan.

Ia meminta dinas kesehatan tiga kabupaten untuk menyampaikan notifikasi tersebut ke seluruh rumah sakit.

Selain itu, Yulianto meminta RSUD KRMT Wongsonegoro, Semarang, siap menerima rujukan bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Satgas Covid-19 melaporkan peningkatan tingkat hunian ranjang atau hunian ranjang di rumah sakit pasca libur panjang Idul Fitri 1442 H menjadi 14,2 persen secara nasional.

“Di tingkat nasional, penggunaan ranjang meningkat 14,2 persen mulai 20 Mei dibandingkan 26 Mei 2021,” kata Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Covid-19 melalui konferensi pers online, Jumat (28/5).

banner 300x250

Related posts

banner 300x250