Satgas Sebut Kasus Covid-19 di Kudus Naik 30 Kali Lipat Dalam Sepekan

  • Whatsapp
Satgas Sebut Kasus Covid-19 di Kudus Naik 30 Kali Lipat Dalam Sepekan
banner 300x250

Havana88 – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengatakan kasus positif virus corona di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meningkat 30 kali dalam seminggu.

Kondisi ini dinilai sangat mengkhawatirkan. Pada pekan sebelumnya, jumlah kasus Covid-19 di Kudus bertambah 26 kasus, namun pekan berikutnya melonjak menjadi 929 kasus.

Read More

“Kudus mengalami peningkatan kasus positif yang signifikan dalam seminggu, naik lebih dari 30 kali lipat,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Jumat (4/6).

Wiku mengatakan, dugaan sementara lonjakan kasus Covid-19 di Kudus disebabkan aktivitas warga tujuh hari setelah Idul Fitri.

Ia mengatakan bahwa dari kunjungan tersebut diketahui bahwa situasi ini merupakan dampak dari kegiatan wisata religi berupa ziarah, serta tradisi Kupatan yang dilakukan warga Kudus tujuh hari setelah Idul Fitri.

Tak hanya itu, Wiku mengatakan masih banyak rumah sakit di Kudus yang belum menerapkan zonasi.

Seperti diketahui, jika rumah sakit berada di zona merah atau tingkat hunian tempat tidur di atas 80 persen, maka rumah sakit harus mengonversi minimal 40 persen tempat tidur rawat inap untuk pasien Covid-19, dan mengonversi minimal 25 persen ICU. dari ruang rawat inap.

Selanjutnya, untuk zona kuning alias BOR di atas 60-80 persen, rumah sakit harus mengonversi minimal 30 persen tempat tidur rawat inap untuk pasien Covid-19, serta mengonversi minimal 15 persen ICU dari ruang rawat inap.

Sedangkan untuk zona hijau atau BOR di bawah 60 persen, rumah sakit harus mengonversi minimal 20 persen tempat tidur rawat inap untuk pasien COVID-19, dan mengonversi minimal 10 persen ICU dari ruang rawat inap, misalnya, masih ada pasien Covid-19 yang didampingi keluarganya keluar masuk rumah sakit tanpa pemeriksaan.

Setelah menjadi satu-satunya zona merah Covid-19 di pulau Jawa, Kabupaten Kudus menjadi saat ini menjadi sorotan.

Per 4 Juni 2021, kasus tenaga kesehatan yang terinfeksi virus corona bertambah menjadi 358 orang. Dari jumlah itu, 30 orang dirawat di rumah sakit, 307 orang menjalani isolasi mandiri, dan 21 orang sembuh.

Selain itu, tempat tidur rumah sakit di Kudus juga penuh. Akibatnya, pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus dirujuk ke Salatiga dan Semarang.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250