Satgas Covid-19 Meminta Kantor Mewajibkan Pegawai Mudik Untuk Karantina 5 Hari

  • Whatsapp
Satgas Covid-19 Meminta Kantor Mewajibkan Pegawai Mudik Untuk Karantina 5 Hari
banner 300x250

Havana88 – Satgas Penanganan Covid-19 meminta perusahaan atau pelaku usaha memerintahkan karyawan yang sudah pulang atau menempuh perjalanan jauh dan berpergian untuk melakukan karantina sendiri.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan perlu dilakukan upaya untuk meminimalisir penularan virus corona baru untuk mencegah cluster perkantoran yang belakangan ini bertambah.

Read More

“Ke kantor yang pegawainya melakukan perjalanan lintas batas daerah saat libur Idul Fitri untuk mewajibkan pegawainya melakukan karantina sendiri sebelum kembali ke kantor,” kata Wiku dalam pers. konferensi disiarkan melalui saluran YouTube BNPB Indonesia, Selasa (18/5).

Wiku mengatakan, warga diwajibkan melakukan karantina sendiri selama 5 x 24 jam. Sementara itu, terkait pengawasan teknis di lapangan, ia meminta Satgas Covid-19 sekecil mungkin bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

RT / RW diminta untuk mengawasi sepenuhnya aktivitas warga yang mudik atau yang pulang dari kampung halamannya.

Dengan kerjasama ini, Wiku berharap konsep Penegakan Pembatasan Kegiatan Komunitas Mikro (PPKM) dapat benar-benar terwujud.

“Minta pos desa dan kecamatan memantau warga di RT masing-masing. Yang baru pulang jalan-jalan agar betul-betul melaksanakan karantina mandiri,” jelas Wiku.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, sebelumnya juga meminta agar perusahaan bisa memberikan fasilitas tes antigen cepat kepada karyawan usai libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Nadia berharap dengan adanya deteksi dini pelacakan kontak akan lebih mudah dilakukan daripada sudah menjadi cluster transmisi yang tersebar luas.

Untuk itu, menurutnya, upaya antisipatif tersebut perlu menjadi perhatian berbagai pihak.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250