Ridwan Kamil Sebut 99 Persen Warga Jabar Tidak Mudik Lebaran

  • Whatsapp
Ridwan Kamil Sebut 99 Persen Warga Jabar Tidak Mudik Lebaran
banner 300x250

Havana88 – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengklaim selama ini 99 persen warga Jabar tidak kembali ke kampung halaman jelang Lebaran.  Gubernur Jabar tersebut juga memberikan apresiasi kepada warga Jabar yang rela menunda mudik untuk mencegah lonjakan kasus virus corona (Covid-19).

“Di Jabar relatif kondusif. Jadi sekitar 99 persen yang tidak pulang,” ujarnya di pos isolasi mudik di kawasan Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (10/5).

Read More

Emil, sapaannya, menjelaskan setiap tahun warga Jabar yang melakukan mudik sekitar 6 juta orang. Namun, ada sekitar lebih dari 5,9 juta orang yang tidak kembali ke kampung halamannya akibat penyumbatan di beberapa titik oleh aparat kepolisian.

Petugas gabungan Polisi dan TNI dan layanan terkait telah membalikkan setidaknya 60.000 kendaraan dalam dua hari terakhir. Jumlah tersebut didapat dari sekitar 130 ribu kendaraan yang diperiksa selama isolasi yang dilakukan petugas.

Emil mengatakan bahwa, selama dua hari ini sekitar 60 ribu dari 130 ribu kendaraan yang kita razia. Jadi kalau ada kebocoran, ia merasa kalau hanya di bawah 60 ribu. Kalaupun itu terjadi pada 6 juta yang seperti biasa pulang, itu hanyalah satu persennya saja, dan akan diturunkan menjadi 99 persen sesuai dengan peraturan pemerintah.

Emil mengapresiasi kepatuhan masyarakat di Jawa Barat dalam menaati aturan larangan mudik menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pemerintah telah mengeluarkan peraturan larangan mudik selama 6-17 Mei sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Oleh karena itu, saya bersama Forkopimda mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada 99 persen masyarakat yang taat aturan dan himbauan dari pemerintah, ”ujarnya.

Selain itu, Emil mengatakan polisi juga telah menahan sejumlah orang yang diduga memprovokasi masyarakat untuk pulang tahun ini.

“Polisi juga telah menahan beberapa provokator online karena menyebarkan perlawanan yang melanggar aturan terkait UU Kesehatan Karantina yang menjadi patokan kami untuk melarang mudik,” ujarnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250