Prediksi Polri: Puncak Arus Balik Hari Sabtu dan Minggu

  • Whatsapp
Puncak Arus Balik Hari Sabtu dan Minggu
banner 300x250

Havana88 – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono memperkirakan puncak arus balik Idul Fitri atau Lebaran 2021 ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi akan terjadi pada Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5).

“Puncak arus balik diperkirakan mulai hari ini (Sabtu) hingga besok (Minggu) karena hari Senin warga sudah mulai bekerja,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/5).

Read More

Istiono memprediksi 1,5 juta pemudik akan kembali ke wilayah Jabodetabek. Hal itu berdasarkan data 1,5 juta warga di Jabodetabek yang melakukan perjalanan menurut versi Kementerian Perhubungan.

“Ini yang perlu dikelola dalam perjalanan pulang ke Jabodetabek, untuk itu kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalan tol dan arteri,” ujarnya.

Pihaknya akan mengalihkan truk besar tiga sumbu ke jalur arteri guna memperlancar arus balik. Transfer akan dilakukan dari Semarang ke Jakarta.

Selain itu, Istiono dan Satgas Covid-19 sudah menyiapkan 109 poin untuk mengecek seluruh pengendara yang masuk ke kawasan Jabodetabek.

Semua harus membawa surat Swab antigen atau tes Swab PCR. Pihaknya juga akan mengecek secara acak kelengkapan surat bebas Corona di lokasi yang ditentukan.

“Ada 26 di rest area dan gerbang tol serta 83 di titik jalur arteri jalan nasional, dari Jawa dan Sumatera hingga Jakarta dengan melakukan kegiatan random rapid antigen test yang akan dilaksanakan mulai hari ini,” kata dua.

Jika hasil usapan antigen acak menunjukkan positif, kata dia, pemudik akan dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

“Jika hasil uji acak menunjukkan hasil positif, mereka langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat yang sudah ditunjuk,” ucapnya.

Sebelumnya, kebijakan larangan mudik lebaran ditetapkan pada 6-17 Mei. Meski begitu, Kementerian Perhubungan menyebut ada 1,5 juta warga yang tetap pulang.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250