Polri Sebut Tak Ada Satupun Tindakan Hukum Sampai Penahanan Terhadap Pengkritik

  • Whatsapp
Polri Sebut Tak Ada Satupun Tindakan Hukum Sampai Penahanan Terhadap Pengkritik
banner 300x250

Havana88 – Polri mengklaim bahwa selama ini pihak-pihak yang bersuara dan mengkritik pemerintah di media social, tidak pernah dilakukan penindakan hukum sampai proses penahanan.

Pada Kamis (6/5), Brigadir Jenderal Slamet Uliandi selaku Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri dalam sebuah diskusi daring yang digelar berpendapat bahwa sampai saat ini belum ada kasus pengkritikan terhadap pemerintah yang ditahan.

Read More

Kemudian ia pun mengingatkan pada kasus pimpinan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI yang pada akhir tahun lalu dilakukan penangkapan serta ditahan akibat tersandung adanya kasus Undang-undang Informasi serta Transaksi Elektronik (ITE).

Slamet berpendapat, kasus yang dilakukan oleh para petinggi kelompok aktivis tersebut lebih mengarah kepada pemberitaan informasi kabar bohong (hoax) yang beberapa juga memicu adanya perdebatan. Dimana dampak dampak dari (Pasal) 160 (KUHP)- nya sudah terlihat.

Ia juga menuturkan bahwa pasal 160 KUHP tersebut berbunyi “Barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diberikan berdasar ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak Rp4.500”.

Kemudian Slamet mengkaitkan dengan kasus aktivis KAMI tersebut, dimana sejumlah narasi yang dibangun oleh aktivis KAMI berisi berita bohong yang pastinya tidak benar.

Lalu pada sebelumnya, Mahfud menuturkan bahwa Surat Keputusan Bersama (SKB) kementerian dan lembaga terkait pedoman teknis penggunaan UU ITE akan dibuat oleh pemerintah.

Ia juga menambahkan bahwa hal ini dilakukan agar tidak ada lagi salah penafsiran dalam penggunaan undang-undang yang dinilai sering menjerat masyarakat dengan pasal karet.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250