Polda dan TNI Dirikan Posko Untuk Mencegah Kerumunan di Tanah Abang

  • Whatsapp
Ilustrasi keramaian pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat
banner 300x250

Havana88Polda Metro Jaya bersama TNI telah membentuk pos pengamanan untuk mengantisipasi keramaian di Pusat Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Soal kesibukan di Pasar Abang Anah, pertama kita dari kepolisian akan kita tindaklanjuti, kita akan disiplinkan masyarakat untuk mentaati aturan 5 juta agar tidak ada lagi keramaian di sana,” kata Kabag Humas Polda Metro Jaya. Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Sabtu. (1/5) seperti dikutip dari Antara.

Read More

Yusri menuturkan, aparat keamanan menyikapi massa di lokasi dengan serius. Untuk itu, pihaknya juga mendirikan pos pengamanan di lokasi tersebut.

Pos pengamanan tersebut didirikan pada Minggu (2/5/2021). Melalui pos pengamanan ini, pengawasan terhadap protokol kesehatan masyarakat di lokasi akan semakin ketat.

“Mulai (Minggu) besok kita akan bangun pos pengamanan di sana dari kepolisian, TNI dan pemerintah daerah di sana. Di pos itu kita siapkan masker, kita perketat patroli bersama di sana agar tidak terjadi keramaian,” kata Yusri.

Langkah terakhir yang dilakukan petugas untuk mencegah keramaian di suatu lokasi adalah dengan memprioritaskan komunitas pembeli dengan kuota borongan di lokasi tersebut.

“Kami akan menetapkan skala prioritas belanja Pasar Grosir Tanah Abang bagi pengunjung yang membeli grosir yang biasanya merupakan pembeli antarkota. Kemudian kami paparkan personal shopper di pasar khusus yang tidak grosir,” kata Yusri.

Ia pun meminta masyarakat yang berbelanja di Pasar Tanah Abang untuk mematuhi tata tertib kesehatan. Dia mengatakan perputaran roda ekonomi di lokasi dan implementasi protokol kesehatan harus berjalan seiring.

“Kami tetap tegaskan, kami menghimbau masyarakat yang berbelanja di sana untuk mematuhi aturan tata tertib kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, dan tidak berkerumun harus selalu diterapkan,” kata Yusri.

Meski sebagian warga Indonesia sudah divaksinasi, Yusri mengatakan penerapan protokol kesehatan harus terus dilakukan. Ia mengingatkan, kondisi pandemi virus corona di Indonesia saat ini belum berakhir sehingga disiplin tata tertib kesehatan harus terus dilakukan oleh masyarakat.

Pada Sabtu sore, Pasar Tanah Abang ramai dikunjungi pengunjung. Dalam video yang viral di media sosial tersebut, para pengunjung terlihat berbelanja sambil berdesak-desakan dan tanpa menjaga jarak.

Di Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pengunjung terlihat berdesak-desakan. Mereka berbelanja untuk persiapan Idul Fitri.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250