Pertamina Group Membuka Lowongan Bimbingan Profesi Sarjana Atau BPS Pertamina 2021

  • Whatsapp
  Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pertambangan minyak dan gas bumi Pertamina Group membuka lowongan untuk Sarjana
banner 300x250

Havana88 –  Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pertambangan minyak dan gas bumi Pertamina Group membuka lowongan untuk Sarjana
Bimbingan Profesi atau BPS Pertamina 2021 untuk lulusan S1-D4 Juni lalu. Seleksi ini sudah mulai memasuki tahap wawancara.

Perlu diketahui bahwa tahapan seleksi BPS Pertamina 2021 yang harus dilalui oleh peserta di instansi BUMN masing-masing antara lain seleksi berkas, tes kemampuan dasar atau tes profisiensi lapangan, wawancara online, numeric agility, wawancara user dan HR (Human Resource), pemeriksaan kesehatan, dan wawancara manajemen puncak.

Read More

Peserta yang lolos ke tahap final, tidak dapat diangkat menjadi pegawai tetap di Pertamina. Namun, peserta akan melalui masa pendidikan terlebih dahulu dan diterima sebagai peserta pendidikan BPS 2021.

Adapun tahapan wawancara pada seleksi BPS Pertamina 2021, Supervisor Distrik K3L Pertamina Gas sekaligus alumni penerima BPS 2019 Ilham Muawwal menjelaskan setiap tahapan wawancara beserta tips lengkapnya. Apa pun?

1. Wawancara Online

Tahap wawancara dilakukan untuk memverifikasi jawaban peserta dari tes kemampuan dasar sebelumnya dalam waktu 10-20 menit. Pertanyaan yang diajukan biasanya berkaitan dengan pengenalan diri, verifikasi tes sebelumnya, latar belakang pendidikan, motivasi, dan pertanyaan tentang kepribadian.

“Saat menjawab, mohon dijawab dengan lugas dan tegas. Sebisa mungkin setelah ada pertanyaan langsung dijawab. Ada jeda 3-5 detik sebelum menjawab, itu menunjukkan bahwa teman Anda menjawab tidak spontan. Dari sudut pandang dari pewawancara,” kata Ilham dalam diskusi proses seleksi BPS Pertamina 2021 melalui kanal Youtube Rumah Pimpinan, dikutip Selasa (20/7/2021).

Berikut tips lengkap menjawab wawancara online BPS Pertamina 2021.

Tips Wawancara Online BPS Pertamina 2021

– Harus memeriksa koneksi dan perangkat terlebih dahulu;
– Berpakaian rapi dan sopan;
– Mempelajari unsur nilai dan budaya di BUMN dan Pertamina;
– Memperhatikan etika dan norma selama wawancara;
– Lugas, tegas, dan tidak rumit.

2. Wawancara Pengguna dan SDM

Tahap ini akan didampingi oleh HR atau HC (Human Capital) bersama orang-orang yang akan bekerja sama dengan peserta (user) dalam waktu 15-30 menit. Wawancara akan dilakukan dalam bahasa Inggris tergantung pada permintaan pengguna.

Komposisi pertanyaan pada tahap ini terdiri dari 50% kepribadian, 30% teknis, dan 20% komitmen. Untuk pertanyaan teknis akan disesuaikan dengan proses bisnis lokasi yang dilamar. Pertanyaan wawancara juga tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, dan prestasi selama kuliah;

“Lima menit pertama akan menentukan bagaimana kelanjutan wawancara dari teman-teman semua. Yang paling penting adalah etika saat memasuki ruang wawancara. Bersikaplah seperti seseorang melamar pekerjaan,” jelas Ilham yang juga alumni Gadjah Mada. Universitas.

Tips Wawancara Pengguna dan SDM BPS Pertamina 2021:

– Lebih baik membaca CV yang dikirimkan sebelum wawancara;
– Lima menit pertama akan menentukan jalannya seluruh wawancara;
– Mempelajari proses bisnis di lokasi atau perusahaan yang dilamar;
– Jawab pertanyaan secara konsisten. Konsistensi dan tekad adalah kunci dari minat pewawancara

3. Wawancara Manajemen Puncak

Tahap wawancara terakhir akan dilakukan oleh lebih dari satu orang yang terdiri dari jajaran direksi, wakil presiden (VP), dan HC yang berlangsung selama 5-15 menit. Masih sama dengan wawancara sebelumnya, wawancara manajemen puncak akan dilakukan dalam bahasa Inggris.
Komposisi pertanyaan pada tahap ini terdiri dari 40% tentang kepribadian, 40% komitmen, dan 20% opini tentang Pertamina. Beberapa pertanyaan yang diajukan juga bisa berkisar dari masa depan Pertamina hingga visi dan misi perusahaan.

Tips Wawancara Manajemen Puncak:

– Mempelajari visi dan misi perusahaan;
– Memahami poin-poin KEGIATAN BUMN dan budaya Pertamina;
– Meningkatkan literasi tentang potensi perusahaan migas terutama di lokasi perusahaan yang dilamar.

Nah, itulah penjelasan tahapan wawancara dalam seleksi masuk BPS Pertamina 2021 beserta tips menjawab wawancara.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250