Perihal TWK KPK, Komnas HAM Sudah Kirim Surat Panggilan ke Firli

  • Whatsapp
Perihal TWK KPK, Komnas HAM Sudah Kirim Surat Panggilan ke Firli
banner 300x250

Havana88 – Untuk menindaklanjuti pengaduan 75 pegawai yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) guna untuk diubah statusnya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sudah mengirimkan surat panggilan kepada pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Komisioner Pengawasan/Pemeriksaan Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan pihaknya akan memeriksa Firli Bahuri dan kawan-kawan pekan depan. Dia menolak untuk mengatakan secara eksplisit tentang waktu pemeriksaan.

Read More

“Yang pasti surat panggilan sudah kami kirimkan pada waktu yang tepat,” kata Anam kepada wartawan, Minggu (6/6).

Ia berharap pimpinan KPK bisa hadir untuk memberikan pernyataan yang jujur. Hal ini agar masyarakat mengetahui secara jelas dan jelas mengenai masalah TWK.

Anam menuturkan bahwa salah satu hal yang penting dalam konteks Komnas HAM adalah memperjelas kejadian tersebut agar tidak terjadi salah paham. Yang kedua adalah mengklarifikasi apakah ini bagian dari insiden HAM atau tidak.

“Jadi, ketika ditanya apakah minggu depan akan dipanggil, minggu depan sudah kita kirimkan surat panggilan,” imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak 75 pegawai lembaga antikorupsi penyandang disabilitas melaporkan dugaan pelanggaran HAM selama pelaksanaan TWK dalam rangka perubahan status menjadi ASN.

Dalam laporannya, tim hukum mencatat setidaknya ada lima pelanggaran HAM dalam pengujian tersebut. Beberapa di antaranya termasuk perlakuan tidak adil dalam hubungan kerja, pelanggaran berserikat, dan diskriminasi terhadap perempuan.

“Ada pegawai KPK perempuan yang menangis saat tes karena dikejar-kejar soal pribadi yang saya yakin teman-teman tahu pertanyaannya apa yang seksis dan diskriminatif,” kata tim kuasa hukum Asfinawati di persidangan. Kantor Komnas HAM, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, putusan terakhir menyebutkan 51 dari 75 pegawai dinyatakan ‘merah’, tidak bisa dilatih dan tidak bisa lagi masuk KPK.

Sedangkan ada sebanyak 24 pegawai lainnya diberi kesempatan menjadi ASN dengan memberikan pembinaan terlebih dahulu. Hingga saat ini, KPK belum membeberkan nama 75 pegawai yang bersangkutan.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250