Per Mei KPR Tumbuh 6,61 Persen, Efek dari DP Nol Persen

  • Whatsapp
Per Mei KPR Tumbuh 6,61 Persen, Efek dari DP Nol Persen
banner 300x250

Havana88 – Bank Indonesia (BI) menyebutkan, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) naik 6,61 persen year-on-year (year on year/yoy) per Mei 2021. Peningkatan tersebut didorong oleh pemberian loan to value/LTV ratio 100 persen atau turun pembayaran (DP) nol persen.

“Implikasi dari kebijakan kami adalah pertumbuhan KPR 6,61 persen sejalan dengan penerapan kebijakan LTV BI,” kata Perry dalam konferensi pers, Kamis (17/6).

Read More

Perry mengatakan kenaikan KPR juga didukung oleh kebijakan pemerintah yang membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) atas rumah tapak dan rumah susun dengan harga di bawah Rp 2 miliar.

Sedangkan rumah dengan harga di atas Rp 2 miliar diberikan diskon 50 persen.

“Cukup? Tidak cukup, tapi kita perlu terus mendorong, tapi dibandingkan sektor lain kalau total kreditnya masih negatif,” kata Perry.

Selain itu, dia juga mengaku aktivitas di sektor otomotif mulai menunjukkan arah perbaikan.

Namun, Perry tidak menyebut secara rinci apakah penyaluran kredit otomotif akan meningkat atau masih akan berkontraksi pada Mei 2021.

Perbaikan di sektor otomotif, kata Perry, sejalan dengan relaksasi yang diberikan bank sentral terkait uang muka nol persen.

Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung insentif dari pemerintah yang membebaskan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru.

Sebagai informasi, kebijakan uang muka nol persen untuk pembelian rumah dan mobil berlaku mulai 1 Maret 2021 hingga Desember 2021.

Namun, tidak semua bank bisa menerapkan uang muka nol persen. Pemberian uang muka nol persen hanya dapat dilakukan oleh bank yang memenuhi kriteria sehat dalam hal rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) dan rasio pembiayaan bermasalah (Non Performing Loan/NPL).

BI hanya mengizinkan bank dengan NPL di bawah 5 persen untuk memberikan fasilitas uang muka nol persen.

Sementara itu, bank dengan rasio kredit bermasalah di atas 5 persen masih bisa menurunkan uang muka pembelian rumah dan mobil, namun tidak sampai nol persen.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250