Penarikan Pasukan Dari Afganistan Di Bantu Oleh Pemerintah AS

  • Whatsapp
Penarikan Pasukan Dari Afganistan Di Bantu Oleh Pemerintah AS
banner 300x250

Havana88 – Untuk melindungi pasukan Amerika dan koalisi yang mundur dari Afganistan, Amerika Serikat telah mengerahkan sumber daya militer yang sangat ekstra untuk membantu penarikan pasukan.

Sumber daya militer yang dikirimkan tersebut akan melakukan pemboman berat dan jet tempur guna melindungi para kontraktor sipil dan pasukan lainnya.

Read More

Mengutip dari BBC, pada Jumat 7 Mei 2021, presiden AS yang saat ini menjabat, Joe Biden sudah menerapkan kapan batas waktu penarikan untuk 11 September hingga peringatan ke-20 tahun serangan 9/11 yang akan memicu adanya peperangan.

Namun hal yang tidak diinginkan justru terjadi dimana penarikan yang akan dilakukan tersebut dilaksanakan di tengah kekerasan yang sedang terjadi, dengan pasukan keamanan di negara Afganistan. Saat ini konflik tersebut berada dalam siaga yang sangat tinggi karena dikhawatirkan akan ada serangan pembalasan yang berujung peperangan antar kedua negara ini.

Selain itu, Taliban juga memberikan peringatan jika mereka tidak lagi terikat pada kesepakatan dan tidak menargetkan Pasukan Internasional.

Selama hampir 20 tahun berjalan AS dan NATO telah hadir di Afganistan bahkan hingga saat ini.

Mengirimkan Bantuan Ekstra

Dikatakan oleh Mark Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan, menyebutkan jika dalam membantu penarikan pasukan dari Afganistan tersebut Amerika sudah menurunkan enam pembom jarak jauh yaitu B-52 dan menurunkan 12 pesawat jet tempur berjenis F-18. Bantuan tersebut dikerahkan guna memberikan perlindungan untuk kontingen yang terdiri dari 2.500 anggota layanan AS dan 16.000 kontraktor sipil yang terlibat.

Kemudian Mark juga mengatakan jika gerilyawan Taliban melancarkan aksi dengan 80 hingga 120 serangan di setiap harinya untuk menyasar pemerintah Afganistan. Tapi tidak ada serangan terhadap AS dan Pasukan Koalisi semenjak penarikan yang dmulai pada 1 Mei itu.

Menteri pertahanan Lloyd Austin mengungkapkan pada wartawan jika kurang dari satu minggu, penarikan tersebut akan berjalan sesuai dengan rencana.

Tidak ada kesepakatan damai antara Taliban dan pasukan pemerintah yang di latar belakangi bentrokan sengit terhadap penarikan pasukan AS.

Presiden Biden menyebut jika penarikan AS benar karena telah memastikan negara itu tidak dapat lagi menjadi basis bagi ekstremis asing untuk berkomplot melawan Barat.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250