Pemerintah Total 19 KKB ‘Teroris’ di Papua yang Diperangi Pemerintah

  • Whatsapp
Pemerintah Total 19 KKB Teroris di Papua yang Diperangi Pemerintah
banner 300x250

Havana88 – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, saat ini terdapat 19 kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang diperangi pemerintah terkait dengan berbagai tindak kekerasan dan separatisme yang dilakukan di Papua.

Mahfud menegaskan, pemerintah dalam hal ini tidak memerangi masyarakat Papua, melainkan sekelompok orang yang bergerak secara separatis dan sering melakukan kekerasan serta dicap teroris.

Read More

Mahfud saat rapat kerja dengan Komite I DPD RI menuturkan bahwa ia meminta tolong untuk kita semua memahami bahwa pihaknya tidak melawan Papua tapi melawan KKB, ada 19 kelompok. Kita mulai dari yang menonjol dulu, Selasa (25/5).

Mahfud menuturkan, TNI-Polri yang bertugas memerangi kelompok-kelompok ini telah merampas senjata yang digunakan KKB dalam setiap gerakannya.

Senjata tersebut terdiri dari senapan peluru dan sejumlah alat lainnya yang sering digunakan tidak hanya untuk menyerang anggota Polri tetapi juga warga sipil, masyarakat adat Papua.

“Beberapa hari lalu Polri berhasil menyita banyak sekali senjata, senapan, peluru dan lain sebagainya,” ujarnya.

Mahfud kembali menggarisbawahi label teroris yang disematkan pemerintah hanya pada KKB, bukan Papua pada umumnya.

Penggunaan padanan kata, kata Mahfud, tidak akan menggunakan apendiks Papua, karena Papua adalah nama suatu daerah yang mengacu pada bangsa, suku bahkan budaya.

“Jadi KKB itu kelompok dan nama pemimpinnya, misalnya KKB Lekagak itu namanya. Kita tidak menyebutnya Papua. Ya karena kita tahu Papua itu tentang bumi, suku dan budaya,” ujarnya.

“Kalau ada yang bilang Papua itu teroris, itu tidak ada. Itu yang kita gariskan sebagai kebijakan pemerintah,” jelasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250