Pekan Depan, Satgas Yakin Kasus Positif Covid-19 Akan Melonjak

  • Whatsapp
Pekan Depan, Satgas Yakin Kasus Positif Covid-19 Akan Melonjak
banner 300x250

Havana88 – Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pekan depan bakal ada peningkatan kasus positif virus corona di Indonesia.

Peningkatan tersebut terjadi karena angka positifnya masih cukup tinggi, sedangkan jumlah pemeriksaan Covid-19 harian mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Read More

Satgas Covid-19 mengatakan penyebab turunnya jumlah cek Covid-19 dalam sepekan terakhir karena bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, sehingga sumber daya manusia pun terbatas.

“Alarm itu penting, tingkat positif kita juga meningkat, pemeriksaan juga menurun. Jadi minggu depan pasti ada potensi peningkatan kasus,” kata Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Covid-19 dalam siaran program online. melalui kanal YouTube BNPB Pusdalops, Minggu (16/5) WIB.

Dilihat dari data harian Satgas Covid-19, sudah terjadi penurunan pemeriksaan Covid-19. Dari biasanya total pemeriksaan sekitar 40.000, turun menjadi 30.249 orang, disaring sehari pada 9 Mei.

Dalam sepekan terakhir, pemeriksaan Covid-19 paling sedikit dilakukan pada 14 Mei, dengan hanya 15.495 orang yang diperiksa dalam sehari.

Rinciannya adalah 10.332 tes PCR Swab, 5.545 tes antigen cepat dan Sebanyak 68 orang sisanya diperiksa dengan menggunakan alat tes cepat molekuler (TCM).

Sementara itu, angka positif alias rasio kasus positif bulanan juga dilaporkan meningkat.Pada 15 Mei angka positif Mei mencapai 12,62 persen. Bahkan, di posi April Indonesia Tingkat produktivitas mulai turun menjadi 12,03 persen.

Wiku mengatakan bahwa mereka benar-benar perlu kerja keras ke depan setelah libur panjang, karena potensi peningkatan kasus sangat tinggi.

Merujuk pada data tersebut, Wiku berharap pemerintah daerah dapat menganalisis dan mengevaluasi baik penanganan tes, penelusuran dan tindak lanjut (3T) serta penerapan protokol kesehatan di masyarakat yang meliputi pemakaian masker, cuci tangan, dan menjaga jarak (3M). Wiku juga meminta agar peningkatan pelayanan di fasilitas kesehatan digiatkan.

Ia berharap, pemerintah daerah segera mengupayakan penanganan pasien Covid-19 yang memiliki gejala sedang, agar kondisinya tidak semakin parah dan berpotensi meninggal.

Wiku juga berharap bahwa ini benar-benar bisa dipersiapkan jika ada terjadi lonjakan kasus, dan seluruh teman-teman di daerah yang melaksanakan skrining bisa optimal sehingga benar-benar yang melakukan jalan-jalan adalah orang yang sehat.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250