Paling Cepat Cair, Gaji ke-13 PNS 2021 Hari Ini

  • Whatsapp
Paling Cepat Cair, Gaji ke-13 PNS 2021 Hari Ini
banner 300x250

Havana88 – Pemerintah mulai mencairkan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil Negara (ASN) / PNS, TNI, Polri, dan pensiunan 2021 pada Juni ini.

Pembayaran gaji ke-13 mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada ASN, Pensiunan, Pensiunan dan Penerima Manfaat Tahun 2021.

Read More

Pj. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Mohammad Averrouce mengatakan pembayaran gaji ke-13 PNS bertepatan dengan pemberian gaji pada Juni 2021.

“Waktu pemberian (gaji ke-13) adalah Juni. Idealnya, itu harus diberikan paling cepat bersamaan dengan pemberian gaji pokok pada bulan Juni yaitu 1 Juni, “ujarnya.

Untuk besaran itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah termasuk gaji pokok dan tunjangan yang melekat.

“Gaji ke-13 akan dilaksanakan pada Juni 2021. Besaran gaji ke-13 untuk ASN, TNI dan Polri adalah gaji pokok dan tunjangan terlampir,” katanya.

Artinya, tunjangan kinerja kembali dihapus dari komponen gaji ke-13. Tunjangan terlampir terdiri dari tunjangan keluarga dan tunjangan kerja yang termasuk dalam komponen pembayaran gaji ke-13.

“Gaji 13 TNI, Polri, PNS itu adalah gaji pokok dan tunjangan terlampir,” kata bendahara negara itu.

Sedangkan rincian komponen gaji ke-13 yang akan diterima ASN tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42 / PMK.05 / 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara. Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan 2021 Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Besaran itu berbeda untuk tiap ASN, TNI, Polri, dan pensiunan. Gaji ke-13 untuk PNS, PPPK, TNI, Polri, penyelenggara negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik (LPP), dan pegawai non-ASN yang ditugaskan di LPP terdiri dari gaji pokok , tunjangan keluarga, tunjangan makan dalam bentuk uang, dan tunjangan kantor atau tunjangan umum. Besaran gaji pokok dan tunjangan sesuai dengan jabatan atau pangkat.

“Tunjangan kerja sebagaimana dimaksud meliputi tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional, dan tunjangan yang setara dengan tunjangan jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Paragraf 6 Pasal 6 PMK tentang THR dan ke-13.

Sedangkan gaji ke-13 untuk wakil menteri paling banyak 85 persen dari gaji ke-13 yang diberikan kepada menteri.

Sementara itu, gaji ke-13 untuk pegawai khusus di lingkungan kementerian / lembaga dan pejabat yang hak keuangan administrasinya setara atau setingkat menteri, pejabat tinggi, administrator, atau pengawas, paling banyak merupakan gaji ke-13 yang diberikan kepada pejabat pemerintah setara atau tingkat hak yang sama. hak keuangan atau administratif.

Selanjutnya, gaji ke-13 bagi hakim ad hoc sama dengan gaji ke-13 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, gaji ke-13 calon PNS terdiri atas 80 persen dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga, tunjangan makan berupa uang, dan tunjangan umum sesuai dengan jabatan atau golongan / ruang pangkat.

Bagi pensiunan dan penerima pensiun, besaran gaji ke-13 terdiri dari uang pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan makan berupa uang, dan penghasilan tambahan.

Gaji PNS diatur dalam PP No. 15 tentang Gaji PNS. Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa gaji terendah bagi pegawai negeri sipil golongan I/a telah bekerja kurang dari satu tahun sebesar Rp1.560.800.

Sedangkan gaji tertinggi PNS golongan IV / e dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp5.901.200.

Sedangkan manfaat yang diterima PNS berbeda-beda. Besarannya tergantung instansi atau lembaga yang mengawasinya, jabatan, kinerja, dan sebagainya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250