Menko Luhut Minta Semua Pihak Harus Kompak dan Tidak Politisasi Covid-19

  • Whatsapp
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tidak mempolitisasi pandemi Covid-19. Ia menghimbau kepada semua pihak untuk bekerja sama dalam menangani pandemi.
banner 300x250

Havana88- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tidak mempolitisasi pandemi Covid-19. Ia menghimbau kepada semua pihak untuk bekerja sama dalam menangani pandemi.

“Ini jangan dipolitisasi, tolong saya titipkan, ini masalah kemanusiaan. Kalau punya hati jangan dipolitisasi. Semakin banyak bawa barang seperti itu bisa merenggut nyawa orang dan banyak orang di sekitar kita. sudah pergi, siapa yang kita kenal,” kata Luhut saat konferensi pers, Kamis (15/7/2021).

Read More

Ia mengatakan, dalam menangani pandemi, pemerintah terus mendengarkan masukan dari para ahli. Karena pandemi Covid-19 adalah masalah umum.

“Saya mendengarkan teman-teman yang ada di bidangnya masing-masing untuk memberikan masukan dan bagaimana bersikap yang baik. Bisa juga masukan dari teman-teman yang ahli di bidangnya,” ujarnya.

Luhut menambahkan, peningkatan harian kasus Covid-19 mencapai 44,51 persen. Sedangkan peningkatan kasus tertinggi terjadi pada Rabu 14 Juli 2021 yang mencapai 54.517 orang.

“Saya kira ini angka tertinggi (54.517 kasus), masih bisa naik,” kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut: Peningkatan Covid-19 didominasi varian Delta, hampir semua di pulau Jawa

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan varian Delta Covid-19 memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan varian sebelumnya, seperti Alpha.

Menurutnya, transmisi varian Delta enam kali lebih cepat. Pada pemberlakuan PSBB sebelumnya, peningkatan kasus Covid-19 tidak sebesar PPKM Darurat.

“PSBB 1, PSBB 2, PPKM kabupaten/kota, PPKM mikro semuanya relatif meningkat tapi masih terkendali. Tapi begitu masuk varian Delta, peningkatan kasus Covid-19 didominasi varian Delta,” Luhut kata, Kamis.

Ia menjelaskan, penularan Covid-19 dengan varian Delta lebih cepat dan bertenaga. Luhut juga mengatakan varian Delta mendominasi hampir seluruh peningkatan kasus di Jawa.

“Jadi hampir semua yang ada di Jawa, kalau saya tidak boleh bilang ya semuanya dikuasai varian Delta,” jelasnya.

Luhut mengatakan pemerintah saat ini berusaha menekan peningkatan kasus akibat varian Delta. Sejumlah negara di dunia juga menghadapi kasus yang sama.

“Inggris juga kena, Belanda kena. Perdana Menteri Belanda kemarin minta maaf karena beberapa waktu lalu setuju melepas topeng dan sekarang naik seperti ini. Hari ini juga Malaysia, sampai hari ini semuanya juga kena. Delta,” jelas Luhut.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250