Menhub Minta Pengecekan Antigen di Bakauheni Untuk Diperketat

  • Whatsapp
Menhub Minta Pengecekan Antigen di Bakauheni Untuk Diperketat
banner 300x250

Havana88 – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh Posko Posko Lebaran 2021 memperketat pemeriksaan persyaratan antigen rapid test bagi seluruh penumpang penyeberangan, khususnya bagi masyarakat yang melintasi Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak.

Hal ini ditekankan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 yang berpotensi terjadi akibat mobilitas masyarakat saat Lebaran 2021. “Memang harus ada upaya lebih dari kita untuk menekan angka Covid-19 dengan melakukan ‘mandatory checking rapid antigen’ untuk semua penumpang yang melintasi khususnya jalur Sumatera-Jawa.

Read More

“Jangan sampai ada yang lolos, karena banyak kemungkinan jalan harus kita kontrol dengan baik, “kata Budi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (22/5).

Budi menuturkan, kenaikan arus balik diprediksi melonjak akhir pekan ini, 22 dan 23 Mei. Untuk itu, Budi ingin memastikan pengecekan persyaratan bagi pemudik berupa tes antigen wajib benar-benar diterapkan secara intensif.

Senada, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pemeriksaan antigen wajib cepat harus dioptimalkan.

Menurut Doni, saat ini terdapat perbedaan yang cukup terlihat, dimana kasus aktif Covid-19 cenderung menurun diikuti dengan penurunan jumlah penderita di rumah di Jawa. Di sisi lain, di Sumatera hampir seluruh provinsi mengalami peningkatan dengan banyak wilayah yang masuk dalam kategori zona oranye dan merah.

“Kita harus mengontrolnya dengan baik. Jangan sampai masyarakat terbukti positif, Covid-19 lalu melintas dari Sumatera, itu akan menjangkiti keluarga lain di Pulau Jawa,” kata Doni.

Lampung memiliki tujuh pos pemeriksaan, masing-masing di Pos Rest Area KM 172 B, Pos Rest Area KM 82 B, Pos Rest Area KM 20 B, Pos Pelabuhan Bandar Bakau, Pos Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Pos Simpang Hatta, serta ada Pos Stay IV.

Hingga Sabtu (22/5), sebanyak 383 penumpang dari seluruh wilayah pemeriksaan dinyatakan positif Covid-19.

“Angka ini cukup besar, jadi jika lolos pasti berpotensi menularkan keluarga lain di Pulau Jawa. Oleh karena itu harus kita cek lebih dekat,” kata Doni.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250