Langgar Prokes, Pasar Malam Garut Dibubarkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19

  • Whatsapp
Langgar Prokes, Pasar Malam Garut Dibubarkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19
banner 300x250

Havana88 – Pada Sabtu malam, (8/5), kegiatan pasar malam yang digelar di kawasan perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat, dibubarkan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Garut.

Pembubaran tersebut dilakukan lantaran dinilai sudah melanggar protokol kesehatan atau biasa disebut prokes seperti berkerumun, tidak mengatur jarak serta tidak mengenakan masker.

Read More

Letkol CZi Deni Iskandar yang merupakan Wakil Ketua 1 Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut juga Komandan Kodim 0611 Garut membenarkan bahwa para jajaran-nya secara gabungan menertibkan dan membubarkan kegiatan pasar malam tersebut, pada saat setelah menunaikan tarawih.

Deni menuturkan bahwa pihaknya kemarin ternyata sudah mengingatkan agar tidak menggelar pasar malam, akan tetapi mereka masih ‘ngeyel’ dan tetap nekat menggelar, dan kemudian ia mengambil tindakan tegas dengan mencabut langsung listrik-nya, Minggu (9/5).

Ia juga menambahkan bahwa pembubaran kegiatan pasar malam tersebut diketahui tidak ada izin, lalu pembeli maupun pedagangnya sangat terlihat jelas mengabaikan protocol kesehatan di tengah yang masih dalam kondisi Covid-19.

Sementara itu, kegiatan pasar malam yang dilakukan di lingkungan gedung milik pemerintah daerah itu, ia menuturkan bahwa diketahui tidak ada izin dari pemilik gedung serta khususnya tidak adanya izin dari Satgas Penanganan COVID-19, maka dari itu pihaknya wajib menertibkan.

Deni menyesali dimasa pandemic yang tak kunjung selesai ini, masih adanya masyarakat yang masih mengabaikan prokes pencegahan wabah COVID-19, padahal pemerintah sudah mengingatkan berkali-kali bahwa saat ini masih terjadi penularan virus Covid-19.

Ia juga melaporkan bahwa petugas di lapangan, juga ikut mengamankan penyelenggaranya untuk kemudian menjalani pemeriksaan hukum perihal kegiatan pasar malam tersebut yang memicu terjadinya adanya pelanggaran prokes.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Garut untuk mari kita bersama-sama disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan/prokes antara lain, dengan tetap memakai masker dalam beraktivitas, menjaga jarak, serta tidak melakukan kerumunan, jika melakukan pelanggaran maka pihaknya akan bertindak tegas.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250