KRI Nanggala 402 Ada di Kedalaman 850 Meter

  • Whatsapp
KRI Nanggala 402 Ada di Kedalaman 850 Meter
banner 300x250

Havana88 – Laksamana TNI Yudo Margono selaku Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia (KSAL) menerangkan bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 yang sejak Rabu (21/4) hilang kontak di perairan Bali tersebut, terdeteksi berada pada kedalaman 700 sampai dengan 800 meter di bawah permukaan laut, Sabtu (24/4)

Kedalaman ini, kata Yudo, membuat penyelamatan dan evakuasi cukup sulit dilakukan, selain cukup dalam, penyelamatan juga cukup berisiko. Ia juga mengatakan evakuasinya pun sangat riskan dan kesulitannya sangat tinggi.

Read More

Namun, kata Yudo, TNI dengan dibantu sejumlah pihak seperti Polri, Basarnas, dan sejumlah pasukan dari negara lain, akan terus mengupayakan evakuasi.

Dari Polri, Basarnas dan instansi lain juga dari luar negeri, kata Yudo. Dalam jumpa pers tersebut, TNI menyatakan telah menaikkan status pencarian KRI Nanggala 402 dari submiss ke tahap subsunk (submarine sunk).

Dengan peningkatan status tersebut, TNI akan mempersiapkan evakuasi medis agar bisa segera mengevakuasi setiap awak kapal yang ditemukan.

Peningkatan status menjadi subsunk dilakukan setelah ditemukan beberapa barang bukti otentik pecahan barang KRI Nanggala, salah satunya berupa tabung torpedo, tabung air minum, dan alat sholat. Barang ditemukan dalam radius 10 kilometer dari titik pencarian, sementara tidak ada kapal lain yang lewat di daerah tersebut.

Penemuan beberapa barang tersebut, menurut Yudo, juga menandakan kapal mengalami retakan.

“Jadi dengan bukti otentik diyakini milik Nanggala, kami sedang mengisyaratkan untuk menaikkan status dari tahap penyerahan ke subbagian,” kata Yudo.

Pihak TNI menyatakan tidak akan menebak-nebak kondisi awak kapal selam KRI Nanggala karena tidak ada bukti adanya puing-puing dari mereka.

“Kami belum bisa memastikan bagaimana, karena kami belum menemukan mereka. Jadi kami belum bisa memprediksi seperti apa kondisi mereka nanti,” kata Yudo.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250