Kejanggalan Mengenai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Sebagai Mekanisme Alih Status Pegawai KPK

  • Whatsapp
Satu per satu kejanggalan soal tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai mekanisme pemindahan status pegawai KPK ke ASN mengemuka meski pimpinan KPK menegaskan sudah sesuai aturan. Timbul kecurigaan, salah satunya tentang ruangan yang digunakan untuk TWK. Seperti apa ceritanya?
banner 300x250

Havana88 – Satu per satu kejanggalan soal tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai mekanisme pemindahan status pegawai KPK ke ASN mengemuka meski pimpinan KPK menegaskan sudah sesuai aturan. Timbul kecurigaan, salah satunya tentang ruangan yang digunakan untuk TWK. Seperti apa ceritanya?
Dikisahkan oleh Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Giri Suprapdiono, pada Jumat, 4 Juni 2021, di Gedung Merah Putih KPK. Bahkan, Giri siap menantang Ketua KPK Firli Bahuri untuk berdebat soal TWK tapi yang bersangkutan tidak hadir.

Kemudian Giri berbagi cerita tentang TWK. Giri sendiri merupakan salah satu dari 75 pegawai KPK yang ‘diberhentikan’ dari KPK karena dianggap tidak memenuhi syarat sebagai ASN melalui TWK. Dari diskusi dengan kawan seperjuangan, Giri mengungkap adanya dugaan upaya ‘melenyapkan’ pegawai KPK melalui TWK.

Read More

“Saya tidak bisa menyimpulkan itu, tetapi teman-teman, ketika kami mengadakan diskusi yang disampaikan ke salah satu stasiun televisi bahwa ketika pimpinan masuk, ternyata sudah ada daftar beberapa karyawan yang dianggap berbahaya dan ini disampaikan bukan oleh satu karyawan, beberapa karyawan dan kami konfirmasi dalam program itu,” kata Giri saat itu.

Argumentasi Giri didukung oleh peristiwa yang terjadi selama TWK. Menurut Giri, ada upaya untuk mencegah orang-orang yang diduga menjadi sasaran melewati TWK.

“Ada perlakuan yang berbeda. Jadi teman kami bertanya dari 75 karyawan ini, dari 75 yang menjawab sekitar 47 orang, dari 47 orang yang ditanya menyatakan diwawancarai di kamar nomor 2 (sebanyak) 13 orang. Seperempat dari 43 diwawancarai oleh orang yang sama, di kamar nomor 1 dan kamar nomor 3. Dari penataan kamar, terlihat orang yang lewat hanya di kamar tertentu, padahal ada 30 kamar,” kata Giri.

Rata-rata lama proses wawancara yang disebut Giri bervariasi dari 10 menit hingga 2 jam. Giri sendiri diwawancarai selama 2 jam.

Ruang Wawancara Nomor Dua

Soal kamar nomor 2 untuk wawancara TWK, Giri menyebut nama-nama pegawai KPK ternama yang diarahkan ke sana. Sebut saja Novel Baswedan dan Sujanarko.

“Dan Pak Koko (Sujanarko), Novel, saya, kasatgas-tuh kasatgas rata-rata diwawancarai di kamar nomor 2. Kalau tes yang sama, misalnya, saya kira perlakuannya sama. Meski tertulis sama, tapi wawancara dan latar belakang cek saya kira di laporan yang berbeda,” kata Giri.

“Jadi kami curigai orang-orang ini dari awal sudah diincar. Bayangkan Pak Sujanarko yang baru pensiun seminggu ini dinyatakan merah dan tidak bisa dibina, bayangkan seperti apa keluarganya nanti. Yang bisa dikembangkan, teroris. aja bisa dikembangkan,” kata Giri menggugat.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250