Kasus Korupsi Besar di Papua Mulai Didalami KPK

  • Whatsapp
Kasus Korupsi Besar di Papua Mulai Didalami KPK
banner 300x250

Havana88 – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengusut sejumlah kasus korupsi di Provinsi Papua. Kasus-kasus tersebut mulai menjadi perhatian setelah diungkap Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Plt. Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya menindaklanjuti laporan masyarakat. KPK sudah memasuki tahap pendataan terkait kasus-kasus tersebut.

Read More

“Saat ini KPK memang sedang melakukan penyidikan lebih lanjut dengan mengumpulkan sejumlah data dan meminta informasi dari pihak-pihak terkait dugaan korupsi di wilayah Papua,” kata Ali dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/5).

Ali mengatakan KPK belum bisa mengungkap substansi perkara besar korupsi di Papua.

Namun, dia menjamin Komisi Antirasuah akan mengungkapnya ke publik setelah data dan informasi lengkap. Ali memberikan sedikit petunjuk tentang kasus-kasus yang akan ditangani.

Menurut dia, ada kasus suap yang masuk daftar. “Dugaan korupsi itu antara lain pengadaan, suap dan gratifikasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengumumkan niat pemerintah untuk mengungkap 10 kasus besar korupsi di Papua.

Kasus-kasus tersebut merupakan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau hasil penyidikan Badan Intelijen Negara (BIN).

Menurut Mahfud, langkah ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah untuk menyelesaikan masalah di Papua.

Selain penuntutan kasus korupsi, pemerintah juga akan menyiapkan tambahan dana otsus untuk kuota masyarakat adat Papua di parlemen.

Mahfud dalam jumpa pers di Kantor Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan pendekatan kesejahteraan, damai tanpa kekerasan, dan tanpa senjata. Itu prinsip dasarnya, Rabu, (19/5).

banner 300x250

Related posts

banner 300x250