Gara-gara Sembako Dijual Mahal, Mensos Risma Bakal Hapus E-Warong

  • Whatsapp
Gara-gara Sembako Dijual Mahal, Mensos Risma Bakal Hapus E-Warong
banner 300x250

Havana88 – Tri Rismaharini yang merupakan Menteri Sosial akan mencabut program elektronik warung gotong royong (e-warong).

Pasalnya, ia menemukan bukti bahwa keluarga penerima bantuan sosial (KPM) bansos ‘terpaksa’ membeli sembako dengan harga selangit.

Read More

Menurut Risma, keterbatasan tempat bagi penerima bantuan untuk mengeluarkan dana bansos di lapangan membuat para penjual e-warong mampu menjual harga sembako di atas harga pasar.

Risma mengaku sempat menemui skenario serupa beberapa kali saat melakukan observasi di lapangan. Misalnya, dia menemukan e-warung yang menjual telur dengan harga Rp 27.000 per kg saat berkunjung ke Solo.

Dinamakan ‘Aneh’ saat ditanya kenapa harga telur begitu mahal, penjual mengaku sudah mendapat harga tinggi dari pemasok.

Namun, hanya berjarak 3 meter dari e-warong, Risma menemukan penjual lain yang hanya menjual telur seharga Rp 18.500 per kg.

“Saya minta izin e-warong dicabut,” ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (24/5).

Melihat masyarakat miskin yang terpaksa harus membeli sembako yang mahal, Risma berencana membuka peluang yang lebih luas bagi keluarga penerima bantuan untuk membelanjakan dana bansos agar harga tidak bisa dinaikkan oleh pemilik e-warong.

Meski belum bisa merinci lebih lanjut, dia mengaku sedang menyiapkan aplikasi baru di ponsel agar sembako bisa dibeli di mana saja.

Artinya orang miskin beli lebih mahal karena kita yang menentukan di mana harus dibeli, jelasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250