EVOS.Luch Tanggapi Isu Blokir Game Online, “Tak Selesaikan Masalah”

  • Whatsapp
EVOS.Luch Tanggapi Isu Blokir Game Online, "Tak Selesaikan Masalah"
banner 300x250

Havana88 – Beberapa waktu lalu, tersiar kabar bahwa Bupati Provinsi Bengkulu, Mukomuko, telah mengirimkan surat kepada Menteri Komunikasi dan Informatika pada 23 Juni lalu. Isinya agar game online seperti PUBG Mobile, Free Fire dan Mobile Legends terblokir. Hal ini berangkat dari dampak yang ia rasakan dan keluhan bahwa banyak efek negatif dari game online yang menjangkiti remaja dan kelompok pelajar di sana.

Menanggapi hal tersebut, Head of Esports dari EVOS, Aldean Tegar alias EVOS. Luch angkat bicara. Menurutnya, pemblokiran game online bukanlah solusi yang tepat untuk meminimalisir dampak negatif dari bermain game. Bahkan, ia menyoroti parental control atau pengawasan sebagai langkah pencegahan pertama agar anak tidak bermain game secara berlebihan.

Read More

“Semua yang berlebihan itu tidak baik, kalau alasannya terlalu besar dampak negatifnya bagi tumbuh kembang anak, kesehatan dan pendidikan anak, menurut saya pribadi ini lebih kepada pendidikan yang harus dikuasai oleh setiap orang tua anak,” tulisnya di unggahannya. Instagram pribadi.

Aldean menambahkan, orang tua tidak boleh memberikan akses perangkat seperti smartphone secara berlebihan. Kalaupun diberi izin harus dibatasi dan diawasi agar konten yang mereka gunakan bisa dipahami anak dan orang tua bisa memberikan edukasi.

Lebih lanjut, menurut dia, pemblokiran bukanlah solusi yang tepat karena cepat atau lambat akan ada permainan lain yang menjadi kambing hitam jika ada anak yang perilakunya tidak sesuai dengan harapan orang tuanya. Apalagi industri game memiliki nilai ekonomi yang besar dalam skala domestik dan global, sehingga diyakini pemerintah akan mempertimbangkan keputusan pemblokiran game online atau tidak.

“Semuanya sudah ada undang-undangnya dan harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku ya tahu bagaimana akhir kasus ini,” pungkasnya. Kementerian terkait juga tampaknya belum menindaklanjuti kasus ini. Semoga ada jalan tengah untuk kasus ini agar anak-anak bisa terus berprestasi dan industri game terus berkembang,

banner 300x250

Related posts

banner 300x250