Ekonom MemintaPemerintah Segera Melakukan Lockdown Demi Menyelamatkan Perekonomian

  • Whatsapp
Usulan lockdown Jakarta semakin hangat dibicarakan. Para ekonom bahkan meminta pemerintah segera menerapkan lockdown untuk menyelamatkan perekonomian.
banner 300x250

Havana88 –  Usulan lockdown Jakarta semakin hangat dibicarakan. Para ekonom bahkan meminta pemerintah segera menerapkan lockdown untuk menyelamatkan perekonomian.

Menurut Direktur Pusat Studi Ekonomi dan Hukum (Celios) Bhima Yudhistira, lockdown memang berdampak sangat buruk bagi perekonomian. Namun, menurutnya, setelah lockdown dilakukan secara efektif dan teratur, perekonomian Indonesia akan tumbuh dengan kokoh.

Read More

Sejauh ini tanpa lockdown, perekonomian membaik, ditandai dengan pulihnya kepercayaan konsumen. Namun, bukan tidak mungkin kepercayaan konsumen terhadap belanja akan kembali anjlok ketika melihat lonjakan kasus COVID-19 belakangan ini.

“Begitu lockdown efektif, ekonomi akan tumbuh kokoh, tidak semurah sekarang. Seolah-olah tingkat kepercayaan konsumen naik, tapi setelah meledaknya kasus COVID-19, risikonya turun lagi. Kita tidak boleh ulangi lagi di nol,” kata Bima

Ekonomi jelas akan berkontraksi jika lockdown diberlakukan. Bhima menjelaskan jika mengambil pengalaman dari China, kontraksi ekonomi hanya berlangsung sebentar, setelah lockdown ekonomi kembali bergairah.

Dijelaskannya, di negeri tirai bambu, saat lockdown dilakukan awal tahun lalu, ekonomi China pada kuartal I 2020 turun dan minus 6,8%. Namun, pada kuartal berikutnya ekonomi melonjak dan tumbuh positif menjadi 3,2%.

“Kita tidak boleh ragu untuk menyelamatkan kesehatan sebagai prioritas karena manfaat ekonomi juga,” kata Bima.

Menurut dia, dari sisi anggaran, pemerintah mampu menutupi ‘kerugian’ yang terjadi akibat lockdown. Apalagi, defisit anggaran telah diperlebar untuk menangani COVID-19. Yang perlu dilakukan adalah memfokuskan semua pada belanja kesehatan dan perlindungan sosial.

“Pemerintah stop dulu semua belanja infrastruktur, perlu ada realokasi ekstrim selama masa lockdown. Pengeluaran yang tidak mendesak, seperti belanja perjalanan dinas dari Bali, akan segera dibatalkan,” kata Bhima.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250