DPP Demokrat Layangkan Somasi Terbuka Kepada Moeldoko

  • Whatsapp
DPP Demokrat Layangkan Somasi Terbuka Kepada Moeldoko
banner 300x250

Havana88 – Ketua Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara yaitu Moeldoko mendapat somasi terbuka pada hari ini, Senin (19/4) dari Tim Advokasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Senin (19/4)

Tidak hanya Moeldoko yang dilayangkan somasi, tetapi ada juga sejumlah jajaran pengurus Partai Demokrat hasil KLB  yang mendapat layangan somasi diantaranya adalah Jhoni Allen Marbun, Marzuki Alie, Darmizal, Max Sopacua, Muhammad Rahmad, dan juga semua peserta KLB yang ada di Deli Serdang.

Read More

Herzaky menyatakan bahwa dalam somasi yang dilayangkan tersebut terdapat sebanyak empat point yang disampaikan.

Pertama, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY merupakan Ketua Umum Partai Demokrat yang sah dimana tercantum dalam Badan Hukum Partai Demokrat, AD/ART Partai Demokrat, dan susunan kepengurusan Partai Demokrat yang telah disahkan melalui Surat Keputusan Menkumham Nomor M.MH-09.AH.11.01 Tahun 2020 tertanggal pada 18 Mei 2020 juncto Surat Keputusan Menkumham Nomor M.HH-15.AH.11.01 Tahun 2020 tertanggal 27 Juli 2020, dan juga diterbitkan dalam Lembaran Berita Negara Republik Indonesia Nomor 15 tertanggal pada 19 Februari 2021.

Permohonan para pihak yang mendapat somasi kepada Menkumham telat ditolak pada tanggal 31 Maret 2021, Herzaky menegaskan.

Herzaky juga mengungkapkan tentang sikap para pihak yang mendapatkan somasi yang masih juga membuat pernyataan dan menunjukkan serta melakukan tindakan mengatasnamakan seolah-olah dirinya merupakan pihak dari Partai Demokrat yang sah di muka media dan masyarakat luas dengan mengakui dirinya sebagai DPP Partai Demokrat dengan menggunakan atribut Partai Demokrat.

Ia bependapat bahwa perbuatan mereka (pihak yang disomasi) merupakan tindakan yang melawan hukum, serta bertentangan dengan undang-undang, AD/ART Partai Demokrat dan bertentangan pula dengan Surat Keputusan Menkumham. Herzaky juga menghimbau para tersomir (pihak yang disomasi) masih melakukan hal tersebut maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan segala upaya hukum.

Darmizal selaku salah satu inisiator KLB Demokrat menyatakan somasi tersebut akan ditanggapi lebih lanjut oleh tim hukum.

Selain itu, Menhukum juga telah menolak permohonan pengesahan kepengurusan yang diajukan Demokrat pihak Moeldoko.

Kemudian, Demokrat kubu Moeldoko pun menggugat AD/ART Demokrat Tahun 2020 di bawah kepemimpinan AHY ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250