Di Deliserdang Ada 4 WN Malaysia Diisolasi Karena Covid-19

  • Whatsapp
Di Deliserdang Ada 4 WN Malaysia Diisolasi Karena Covid-19
banner 300x250

Havana88 – Sebanyak empat warga Malaysia yang tiba di Bandara Kualanamu diisolasi karena positif Covid-19 melalui hasil pemeriksaan usap PCR. Bahkan, saat mereka berempat tiba, mereka mendapat hasil negatif swab Covid-19.

“Memang benar hasil pemeriksaan usap PCR positif Covid-19. Mereka langsung dirujuk ke RSUD Deliserdang untuk diisolasi,” kata Dr Heti, Sub Koordinator Pengendalian Karantina Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Selasa (26/5).

Read More

Heti berpendapat bahwa wisatawan mancanegara yang masuk ke Bandara Kualanamu akan dikarantina selama 5 kali 24 jam.

Kemudian petugas KKP langsung melakukan pemeriksaan PCR sebanyak dua kali, yaitu saat pemudik tiba di Bandara Kualanamu dan saat masa karantina selesai.

“Mereka akan dikarantina sambil menunggu hasil usap keluar. Dari pemeriksaan itu kami menemukan 4 orang positif hasil Covid-19. Kemudian dirujuk ke RSUD Deliserdang,” jelasnya.

Heti mengatakan, keempat orang tersebut tiba di Bandara Kualanamu dengan periode waktu terpisah, yakni Senin (24/5/2021) dan Selasa (25/4/2021).

Saat mereka tiba, mereka berempat juga datang dengan membawa dokumen swab hasil pemeriksaan Covid-19 negatif.

“Tapi aturannya tetap akan dikarantina dan akan dilakukan pemeriksaan usap PCR. Jika hasilnya negatif, maka usap akan dilakukan lagi saat masa karantina berakhir, baru bisa keluar,” jelasnya.

Secara terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut Dr Aris Yudhariansyah mengatakan, hasil pemeriksaan terhadap 4 WNA Malaysia tersebut didapat pada Selasa (25/5/2021) malam.

“Saat ini penanganan ketat sedang dilakukan di Bandara Kualanamu untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 Indian varian B1617. Bahkan, hasil antigen cepat positif akan segera dikirim ke rumah sakit untuk diisolasi,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Aris, Malaysia saat ini tengah melaksanakan kebijakan akibat gelombang Covid-19. Oleh karena itu, imbuhnya, Sumut harus lebih waspada guna mencegah masuknya virus corona dari dalam negeri.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya khawatir virus India akan masuk ke Sumatera Utara. Apalagi kami melihat di Malaysia juga banyak WNI yang berasal dari India.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250