Corona Varian B.1617.2 Asal India Ditemukan di DKI

  • Whatsapp
Virus Corona
banner 300x250

Havana88 – Penularan Covid-19 varian B.1617.2 dari India ditemukan dua kasus di Pemprov DKI Jakarta. Kasus tersebut ditemukan pada proses whole genome sequencing (WGS) yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes).

Widyastuti yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menuturkan bahwa pihaknya telah mengirimkan 352 spesimen yang diduga mutasi Covid-19. Namun, hanya 17 spesimen yang telah diselidiki.

Read More

“Hasil yang keluar dari Research and Development Center menemukan dua kasus dengan Variant of Concern (VoC) B.1617.2 India. Sedangkan 15 spesimen tidak ditemukan mutasi virus, dan satu lagi masih menunggu hasil,” katanya. kata Widyastuti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/5).

Widyastuti menyampaikan satu spesimen milik tenaga kesehatan (tenaga kesehatan). Petugas kesehatan positif Covid-19 pada 3-17 April.

Kementerian Kesehatan menyatakan pasien terjangkit virus corona varian India pada 30 April lalu. Spesimen kedua milik warga negara India yang baru tiba di Indonesia.

Warga negara India itu dinyatakan terjangkit virus corona varian India pada 30 April lalu. Ia dirawat di rumah sakit setelah hasil tes PCR menunjukkan positif Covid-19.

Widyastuti menuturkan bahwa saat ini pasien asing tersebut masih diisolasi di salah satu rumah sakit di Jakarta dan sedang menunggu hasil PCR negatif untuk melanjutkan perjalanan ke daerah yang dituju.

Dia mengatakan, Pemprov DKI sedang mengintensifkan uji coba dan pelacakan kontak untuk mengurangi potensi penularan varian baru Covid-19.

DKI juga terus mendeteksi varian baru virus corona melalui sekuensing genom secara utuh.

“Dinkes DKI Jakarta juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan mengirimkan spesimen yang diduga mutasi virus ke Badan Litbang Kemenkes RI untuk WGS pada semua kasus positif wisman ke Indonesia,” ujarnya.

Varian virus Carona B.1617 merupakan varian yang sangat menular. Varian ini diduga menjadi salah satu pemicu lonjakan kasus di India.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250