BMKG Mengoreksi Kekuatan Gempa di Kabupaten Nias Barat

  • Whatsapp
BMKG Mengoreksi Kekuatan Gempa di Kabupaten Nias Barat
banner 300x250

Havana88 – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengoreksi kekuatan gempa di Kabupaten Nias Barat menjadi 6,7 magnitudo dari magnitudo semula 7,2 pada Jumat (14,5).

Gempa tektonik yang mengguncang kawasan Samudera Hindia di Pantai Barat Sumatera terjadi pada pukul 13.30 WIB.

Read More

BMKG mencatat, episentrum gempa berada pada koordinat 0,2 Lintang Utara dan 96,69 Bujur Timur atau berada di laut 125 km barat daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara dengan kedalaman 10 kilometer.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini berkekuatan M = 7,2 yang selanjutnya akan dimutakhirkan menjadi M = 6,7,” tulis Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/5).

BMKG melaporkan bahwa guncangan gempa bumi skala MMI III-IV dirasakan di seluruh wilayah Pulau Nias. Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa dengan skala MMI III juga dirasakan di Banda Aceh. Kemudian, guncangan yang lebih rendah dirasakan di Aceh Tengah dan AekGodang yaitu skala MMIII.

Sebagai informasi, skala MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan suatu gempa bumi, dengan rentang terlemah (I) hingga terkuat (XII).

Sedangkan untuk skala MMI II, sejumlah orang merasakan getaran, benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala MMI III merupakan kondisi dimana getaran terasa nyata di dalam rumah. Rasanya bergetar seolah-olah ada truk yang lewat.

Kemudian pada skala MM IIV, kondisi siang hari dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela / pintu berderit dan dinding berbunyi. Setelah guncangan pertama, gempa susulan kedua dengan kekuatan 5,2 kembali terjadi.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250