ASN Dilarang Cuti Hari Kejepit, Libur Nasional Digeser

  • Whatsapp
ASN Dilarang Cuti Hari Kejepit, Libur Nasional Digeser
banner 300x250

Havana88 – Pemerintah telah memutuskan untuk menggeser sejumlah tanggal merah pada hari libur nasional di tengah pandemi virus corona (Covid-19) untuk meminimalkan mobilitas masyarakat dan menekan penularan virus. Lalu ada liburan bersama sebelum Natal yang dihapuskan.

“Jadi pemerintah menetapkan dua hari libur nasional dan menghapuskan satu hari cuti bersama,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy melalui konferensi pers online, Jumat (18/6).

Read More

Muhadjir menjelaskan, tanggal merah Tahun Baru Islam yang semula jatuh pada Selasa 10 Agustus digeser menjadi Rabu, 11 Agustus 2021.

Begitu juga dengan tanggal merah perayaan Maulid Nabi yang sebelumnya jatuh pada Selasa, 19 Oktober menjadi Rabu, 20 Oktober 2021.

Sementara itu, cuti bersama menjelang hari raya Natal yang sebelumnya jatuh pada Jumat 24 Desember 2021 ditiadakan.

Menteri Agama Yaqut Cholil menegaskan, pemerintah tidak meniadakan libur nasional hari-hari besar keagamaan, melainkan hanya menggesernya.

Ia menjelaskan bahwa liburan tetap diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada umat beragama, serta penghapusan cuti bersama pada 24 Desember, ia berpendapat jika ini sejalan dengan keinginan kita untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari COVID-19.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pegawai negeri sipil (ASN) dilarang mengambil cuti pada hari-hari yang ketat.

Dia menegaskan, larangan cuti ASN di hari yang ketat ini merupakan bentuk tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo yang ingin semua pihak fokus menangani pandemi Covid-19.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250