Alasan Boaz Solossa dan Yustinus Pae Tercoret Dari Persipura

  • Whatsapp
Ada tes doping, nyawa terancam, dan alkohol dalam insiden disiplin Boaz Solossa dan Yustinus Pae yang membuat mereka dikeluarkan dari Persipura. Apakah itu benar?
banner 300x250

Havana88 –  Ada tes doping, nyawa terancam, dan alkohol dalam insiden disiplin Boaz Solossa dan Yustinus Pae yang membuat mereka dikeluarkan dari Persipura. Apakah itu benar?

Boaz Solossa dan Yustinus Pae diumumkan akan dilepas Persipura Jayapura melalui keterangan resmi klub, Senin (5/7/2021). Namun, tidak dijelaskan tindakan disiplin apa yang menyebabkan keduanya dicopot.

Read More

Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano hanya menyebut keduanya sudah berulang kali melakukan pelanggaran. Setelah sempat menjadi misteri, pelatih Persipura Jacksen F. Tiago akhirnya angkat bicara.

Jackson angkat bicara tentang apa yang sebenarnya terjadi, saat memberikan pernyataan virtual kepada wartawan, Rabu (7/7/2021). Perbuatan kedua pemain senior tersebut dikatakan sudah tidak bisa ditoleransi, sehingga pihak klub memutuskan untuk melepas keduanya.

Dari penuturan Jacksen, peristiwa itu terjadi beberapa saat jelang laga uji coba Persipura Jayapura melawan tuan rumah Persita Tangerang, Minggu (13/6). Laga tersebut digelar di Indomilk Arena, Tangerang.

“Ketika saya sedang menulis line up di ruang ganti, salah satu teman saya (maksudnya Boaz dan Yustinus Pae) memanggil dan mengarahkan saya keluar dari ruang ganti,” kata Jacksen.

“Dia bilang ‘Saya tidak main tidak apa-apa karena ini dan itu’. Karena (hanya) percobaan, saya tetap menurunkan mereka (Boaz dan Yustinus Pae). Saya sampaikan kepada pemain yang bersangkutan, kalian bertanggung jawab. Setelah terakhir minggu diskusi, Anda masuk ke lapangan. Itu yang saya katakan kepada pemain yang bersangkutan,” tambahnya.

Maksud dari tanggung jawab yang disampaikan Jackson adalah agar tindakan di luar lapangan tidak mempengaruhi kesempatan bermain. Dia mengacu pada pemecatan pemain muda Persipura seminggu sebelumnya yang dijatuhkan karena mengonsumsi alkohol!

Dalam penghilangan pemain muda tersebut ada empat pemain senior, termasuk Boaz dan Yustinus Pae, yang memberikan saran kepada tim kepelatihan dan manajemen. Namun, seminggu kemudian Boas dan Yustinus Pae terlibat dalam hal yang sama.

Namun Jacksen F. Tiago enggan memastikan apakah Boaz Solossa dan Yustinus Pae juga meminum alkohol sebelum pertandingan seperti pemain muda yang dicoret Persipura sepekan sebelumnya. Pelatih asal Brasil itu hanya mengatakan bahwa tindakan mereka membahayakan diri sendiri.

“(Pertanyaannya) akan lebih baik untuk meminta para pemain untuk bersikap adil. Saya dapat memberi tahu Anda apa yang dapat saya katakan, lebih detail, silakan tanyakan kepada kedua pemain. Saya tidak ingin hal seperti itu keluar dari mulut saya. Saya tidak akan mengkonfirmasi ya atau tidak,” kata Jackson.

“Yang jelas di luar kewajaran. Dari segi medis, sebenarnya bisa mengancam nyawa di lapangan. Misalnya dalam pertandingan resmi, mereka harus didoping dan dihukum sekitar satu tahun atau enam bulan. Tentu saja mereka akan dihukum satu tahun sesuai aturan FIFA. Saya tidak akan menjelaskan lebih detail,” ujarnya.

“Terus terang saya pasti salah (masih main Boaz dan Yustinus Pae). Saya belum pernah menghadapi situasi seperti ini. Saat pertandingan berjalan, saya mengambil keputusan untuk menarik keduanya. Saya akui saya salah, tapi yang pasti kalau pertandingannya memang salah. Resmi saya tidak akan berspekulasi itu,” ujarnya lagi.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250