450 Pasien Covid Meninggal Saat Isoman,160 di Jabar

  • Whatsapp
450 Pasien Covid Meninggal Saat Isoman,160 di Jabar
banner 300x250

Havana88 – Penggagas Lapor Covid-19 Ahmad Arif mengatakan, berdasarkan pendataannya, ditemukan sedikitnya 450 orang yang terpapar virus corona (covid-19) meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Sebanyak 160 di antaranya merupakan warga Jawa Barat. Data yang ada tersebut berdasarkan dari adanya laporan warga dari berbagai platform yang sudah diterima oleh LaporCovid-19 hingga 11 Juli 2021.

Read More

Arif dalam diskusi virtual melalui kanal YouTube CISDI TV, Senin (12/7), mengungkapkan bahwa dimana data sementara yang kami temukan hingga tadi malam, hampir 450 lebih pasien isoman terlacak dan terlapor di berbagai wilayah di Indonesia. Dimana sejauh ini di Jawa Barat ada sekitar 160 pasien isoman yang sudah meninggal.

Khusus untuk Jabar, Arif mengatakan ada 81 kasus kematian akibat isomanisme di Kota Bekasi.

Lanjut, ada 44 orang juga ditemukan tewas saat melakukan isomanisme di Sleman, Yogyakarta. Arif menuturkan bahwa temuan kasus tersebut juga ditemukan pada luar Jawa, seperti di Kaltim, Kalbar, Riau, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu, kata dia, menunjukkan penyebaran Covid-19 sudah intens di luar Pulau Jawa. Ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan jumlahnya bisa lebih banyak. Sebab, banyak kasus yang tidak dilaporkan dan dicatat.

Ia menuturkan bahwa perlu dicatat di sini pihaknya percaya jika jumlah yang tercatat hanya puncak gunung es karena tidak semuanya dilaporkan.

Karena itu, Arif menyarankan agar pemerintah daerah menyediakan tempat isolasi mandiri yang lebih terpusat. Dia mengatakan pemerintah daerah dapat memanfaatkan sekolah dan gedung pemerintah yang dilengkapi dengan tenaga kesehatan.

Selain itu, kata dia, penelusuran dan pendataan penting harus dilakukan agar pemantauan pasien swakarsa dapat dilakukan dengan baik.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk mencegah terjadinya klaster keluarga atau lingkungan, maka sangat penting untuk mengedukasi pasien isoman. Titik lemah ini belum banyak digali.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250