4 Daerah yang Diizinkan Gelar Salat Idulfitri di Masjid Pada Lebaran Tahun Ini

  • Whatsapp
4 Daerah yang Diizinkan Gelar Salat Idulfitri di Masjid Pada Lebaran Tahun Ini
banner 300x250

Havana88 – Saat Covid-19 masih mewabah, tetapi beberapa daerah di Indonesia sudah mengizinkan pelaksanaan salat Idulfitri secara berjemaah di masjid pada Lebaran tahun ini. Akan tetapi tetap pelaksanaan salat id tersebut, diikuti dengan sejumlah syarat dan ketentuan.

Oleh karena itu, Kementerian Agama juga sudah mengeluarkan edaran terkait salat id tersebut. Surat edaran tersebut berisi daerah mana saja yang masuk zona merah hingga oranye penyebaran virus Covid-19 dan mana yang tidak diperkenankan menggelar salat secara berjemaah di masjid atau lapangan.

Read More

Salat akan dilangsungkan di masjid ataupun di ruang terbuka dan tetap harus dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sedikitnya ada empat daerah yang diperbolehkan  menggelar salat id, kota-kota tersebut yakni:

Pontianak

Salat Idul Fitri direncanakan oleh Panitia Hari Besar Islam Kota Pontianak digelar di Taman Alun-alun Kapuas, Pontianak, guna memecah kerumunan massa.

Edi Rusdi Kamtono selaku Wali Kota Pontianak juga telah mengizinkan warganya mengikuti salat Idul Fitri di masjid dan lapangan. Akan tetapi ia mengingatkan bahwa jangan sampai perizinan diberikan ini justru menimbulkan kluster-kluster baru virus corona.

Ia juga mengimbau bagi warga yang kurang fit dan lansia dianjurkan untuk menunaikan salat Idulfitri di rumah saja.

Walaupun mengizinkan untuk salat id, pihak Pemkot Pontianak melarang dilakukannya takbiran keliling karena diduga akan meghadirkan banyak orang serta Festival Permainan Meriam Karbit pada tahun ini juga ditiadakan untuk mencegah adanya penularan Covid-19, tetapi masih diperbolehkan melakukan permainan perorangan.

Medan

Bobby Nasution selaku Wali Kota Medan juga memberikan izin atas pelaksanaan salat Idulfitri serta takbiran di masjid maupun musala. Walaupun demikian ia meminta agar masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan karena ia tidak ingin karena izin tersebut menjadi pemicu adanya peningkatan kasus Covid-19.

Bobby pun mengimbau agar pengurus 1.115 masjid serta 653 musala di wilayahnya ikut berpartisipasi untuk mengingatkan dan  mengajak jamaah untuk patuh pada protokol kesehatan.

Sulawesi Tenggara

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi juga mengizinkan warganya melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid atau ruang terbuka. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut harus tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 451.1 / 1939 tentang Pemenuhan Sholat Idul Fitri dan Larangan Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan serta kegiatan open house Idul Fitri 1442 Hijriah.

Surat Edaran Gubernur yang ditandatangani pada 5 Mei 2021 memuat tiga poin, antara lain pelaksanaan protokol kesehatan yang mencakup jumlah jemaah maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan; jemaah harus dalam keadaan sehat; harus memakai topeng; menghindari kontak fisik; menjaga jarak; pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas; dan penyediaan fasilitas cuci tangan. Sedangkan untuk kegiatan takbiran cukup dilakukan di masjid atau mushola. Sedangkan shalat id di ruang terbuka harus dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19 setempat.

Poin kedua dari SE melarang buka puasa bersama dan poin ketiga menginstruksikan semua ASN untuk tidak mengadakan open house atau halal bi halal untuk lebaran 2021.

Yogyakarta

Kebijakan serupa juga diterapkan di kota Yogyakarta. Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, Pemkot mengizinkan salat berjamaah di masjid dan lapangan terbuka. Namun, kegiatan tersebut harus benar-benar prokes dan jumlah jamaah 50 persen dari kapasitas maksimal.

“Prinsipnya, tidak boleh ada orang banyak. Makanya jamaahnya harus dibatasi. Lebih baik diperbanyak jumlah tempat salatnya,” kata Heroe, Rabu (5/5).

Tidak tertutup kemungkinan akan diadakan di setiap RT atau RW dengan mendaftarkan jemaahnya terlebih dahulu. Heroe juga mengingatkan pelaksanaan shalat id harus dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19 dan Panitia Hari Raya Islam (PHBI) setempat.

Kegiatan takbir keliling tahun ini ditiadakan dan dilarang. Takbir hanya diperbolehkan di masjid dan dihadiri oleh setengah dari kapasitas maksimal dan tidak melibatkan anak-anak.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250