20 Orang Positif Covid-19 Usai Jamaah Masjid di Bantul Terkonfirmasi Positif

  • Whatsapp
20 Orang Positif Covid-19 Usai Jamaah Masjid di Bantul Terkonfirmasi Positif
banner 300x250

Havana88 – Sebanyak 20 warga Dusun Candi, Srihardono, Pundong, Bantul, DIY dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan puluhan kasus tersebut mulai ditemukan setelah salah satu jemaah di masjid tersebut dipastikan terkena Covid-19 pada 21 April 2021.

Read More

Gejala sedang, sempat diisolasi di Shelter Niten tapi sudah dibawa ke RSPS (RSUD Panembahan Senopati), kata pria yang akrab disapa Oki ini dalam keterangannya, Jumat (6/5).

Pelacakan kontak oleh Puskesmas Pundong, lanjutnya, mengarah ke anggota keluarga jemaah. Beberapa di antaranya menjalani tes antigen dan sisanya dilakukan usap Polymerase Chain Reaction (PCR) pada 22-23 April 2021.

Jemaat lain yang merasa memiliki riwayat kontak dekat kemudian secara mandiri memeriksakan diri dengan tes GeNose C19. Alhasil, dia terindikasi terkena virus Corona. Pada 24 April, sejumlah dari mereka yang memiliki riwayat kontak dekat diminta menjalani tes PCR.

Dari masyarakat tersebut, salah satunya dinyatakan positif pada 26 April 2021 dan langsung dibawa ke Shelter Semaul. Puskesmas yang terus melakukan penelusuran kembali menemukan satu kasus lagi pada 28 April lalu. Pasien tersebut merupakan jemaah Masjid Al Furqon dan setelah ditelusuri ditemukan sembilan orang yang memiliki riwayat kontak dekat dengan yang bersangkutan.

Empat pemilik riwayat kontak dekat dinyatakan positif mengidap virus Corona pada 1 Mei 2021. Ini juga termasuk istri serta anak pasien yang merupakan seorang remaja anggota Masjid Al Furqon.

“Dua orang lainnya juga jemaah masjid. Kemudian kami telusuri, temukan tiga kontak dekat. Kami menelusuri lagi termasuk pemuda masjid lainnya,” imbuh Oki.

Kemudian pada 5 Mei ditemukan sembilan kasus lagi dari hasil swab PCR. Terdiri dari tiga anggota keluarga jemaah dan enam yang berstatus dekat dengan pemuda masjid, ”lanjut Oki.

Sementara sebagian besar pasien menjalani masa isolasi di Penampungan Niten, pelacakan kontak oleh staf puskesmas terus berlanjut. Sekitar 15 orang masih memiliki riwayat kontak dekat yang akan diperiksa.

“Total yang dipastikan sampai hari ini ada 20 orang dan semuanya warga Dusun Candi. Sudah jadi cluster,” pungkas Oki.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250